Olahraga

Olahraga

Selasa, 28 Agustus 2012

Olahraga saat menonton televisi


Sebenarnya, olahraga bisa dilakukan di mana saja. Saat sedang menonoton TV dan bersantai di rumah pun kita juga bisa melakukan gerakan-gerakan kecil yang bisa membakar sedikit kalori. Berikut ini beberapa tips olahraga ringan yang bisa tetap kita lakukan walaupun sedang bersantai dan menonton TV di rumah.

Jogging
Cara termudah berolahraga di depan tv adalah memulai jogging di tempat. Pilih acara TV favorit dan berjalan-jalan di tempat selama jeda iklan. Biasanya akan ada 15 menit jeda iklan dalam satu jam acara. Jika Anda menonton TV selama dua jam, berarti Anda sudah jogging selama kurang lebih setengah jam.

Kencangkan perut
Sambil duduk di sofa, cobalah tahan perut dan lepaskan kembali. Lakukan sebanyak 20-30 kali pengulangan. Latihan sederhana ini bertujuan memperkuat otot-otot perut Anda.

Squat
Squat adalah posisi yang dilakukan seperti Anda sedang ingin duduk. Tekuk lutut perlahan dan buka kaki selebar bahu Anda. Kemudian berdiri perlahan, jaga punggung tetap lurus sempurna dan lihat lurus ke depan. Ulangi kembali gerakan seperti duduk dan berdiri selama jeda iklan berlangsung. Hitunglah berapa banyak gerakan yang dapat Anda lakukan. Latihan ini baik untuk memperkuat dan mengencangkan kaki dan bokong.

Latihan kaki
Angkat jari-jari kaki Anda dengan tumit ditekan kuat ke lantai. Tahan selama lima hitungan dan ulangi. Ini adalah latihan sederhana yang baik untuk mengencangkan betis Anda. Untuk meregangkan otot paha, naikkan satu lutut dan tempelkan ke dada, tahan selama lima hitungan. Ulangi dengan kaki satunya.

Menari
Menari adalah latihan cardio yang sangat baik. Tontonlah acara musik favorit Anda dan lakukan gerakan menari. Menari adalah cara yang menyenangkan dan energik untuk berolahraga. Dengan menari selama setengah jam, Anda dapat membakar 130-150 kalori.

Naik turun tangga
Cobalah gerakan seperti menaiki tangga, cari yang tingginya rendah. Selain tubuh bagian bawah yang bergerak, latihan ini juga dapat memompa jantung Anda. Melangkahlah dengan satu kaki lalu mundur dengan kaki yang lainnya. Bila sudah terbiasa, tingkatkan kecepatan gerakan kaki.

Mesin olahraga
Gunakan treadmill atau sepeda statis selama acara favorit berlangsung. Dengan begitu Anda tidak lagi bisa makan sambil menonton TV, yang justru menambah berat badan. Anda juga tidak perlu melewatkan acara favorit Anda untuk berolahraga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar